Thursday, February 08, 2018

Q&A ; Views and Opinions #1

pixabay.com
hai haii!! seperti yang saya bilang di twitter, saya akan menjawab pertanyaan pertanyaan teman teman yang masuk di tab notifications twitter saya sampai jam 19.00 WIB kemarin tentang pandangan saya atau pendapat saya tentang suatu hal. jujur, saya seneng dengan pertanyaan pertanyaan yang masuk, unik dan menarik, unexpected. 

jujur, saya ini orangnya suka bicara, tetapi 2 tahun terakhir saya memilih untuk menjadi orang yang banyak diam. saya tidak akan bicara kalau saya tidak ditanya. buat apa bicara kalau tidak tepat dan berakhir tidak baik karena disalah-pahami? itulah pikiran saya. karena saya suka main twitter tapi jarang banget bisa buka twitter selain sebelum tidur, jadilah saya ingin bermain ask.fm ala - ala bersama teman teman :) twitter itu fun, namanya juga main twitter. yuk lah kita main main dengan riang dan bertanggung jawab hihihi.

sekali lagi, maafkan kalo saya ngga' se-wise Awkarin.

semua jawaban atas pertanyaan yang tertera disini dasarnya cuma pendapat pribadi saya ya, jadi mohon maaf kalo cetek banget. dan tolong jangan didebatkan hihihi dan untuk pertanyaan yang tidak saya cantumkan disini, pertanyaan tersebut sudah pernah saya jawab di waktu yang lalu, atau pertanyaan yang diajukan diluar batas saya. i can't handle if it's beyond me.


you know, there's a happiness for me when i can share my opinions or my views about something, and when you read about it then you get inspired, i'm feeling blessed! so, the one i want to say is, THANK YOU! thank you for playing the game with me :))

yuk, kita mulai yaaa!
pixabay.com
#1 Kerjaan + pendidikan jalan seimbang, itu sih yang bikin aku semangat kalo ada kak Fatima di timeline. Bagi-bagi tips & tricks nya dong kak ((; Oiya, aku udah semester akhir dan lagi kebanyakan waktu luang. Aku pengen ikut komunitas sosial tapi i have no idea buat mulai itu, mungkin kak ada saran? 

kerjaan + pendidikan kalo dijalani bareng itu menuntut banget untuk fisik yang kuat dan otak yang ngga' gampang panas lho. kalo saya nih, air putih itu harus banget banget banget!. jadi ya, setiap hari saya selalu kemana mana bawa 1 liter air yang saya masukin di dalam tas, dengan 1,5 liter yang ditaro' di bagasi motor/di jok mobil sebagai cadangan. jadi totalnya seharian kemana mana bawa 2,5 liter air. itu ngga' termasuk 1 liter air yang wajib diminum sebelum tidur dan 1 liter air setiap bangun tidur. jadi hampir bisa dikatakan sehari itu saya harus minum setidaknya 4,5 liter air putih, tapi itu adalah angka minimal, MINIMAL. saya ini menghabiskan 1 galon Aqua 18 liter itu dalam waktu 3 hari. berarti, konsumsi minum saya sehari rata rata adalah 6 liter. oh iya, saya sama Riffa itu galonnya sendiri sendiri, jadi di kostan itu kita punya 2 galon.

jujur, ini menolong banget biar otak saya ngga' gampang panas. :)

jadi, kurang lebihnya jadwal harian saya itu kayak gini :

- Sebelum tidur : minum vitamin B complex (kalo saya biasanya minum Enervon C Active), minum air putih 1 liter, pake analgesic gel (saya sukanya Counterpain Cool), wudhu, baca shalawat/istigfar, baca do'a, main hape sampe ketiduran.

- Bangun Tidur : wudhu-sikat gigi-cuci muka, solat subuh, baca waqi'ah sama tabarok. udah selesai tuh ya ritual pagi (((ritual pagi)) kalo badan saya masih pegel, saya pake Counterpain lagi. terus saya bikin rundown saya untuk hari itu. sejelas jelasnya, sedetail-detailnya. jadi saya nulis apa yang harus saya lakukan hari itu dari pagi sampe malam. termasuk mau telpon siapa dan terkait apa, kirim email ke siapa aja hari itu, apa yang harus dibeli dalam hari itu, apa yang harus diselesaikan, dan seterusnya. tetapi, saya juga ngga' maksa semua harus on schedule, semua harus fit atau semua harus selesai. yang jelas, saya sudah berusaha dengan sungguh sungguh. i just do my best, sisanya terserah Tuhan. banyak sekali hal hal yang tidak terduga dan diluar kemampuan saya. yang penting, hati kita harus senang dan riang gembira :)

so, if you want to join  a social community, kalo saran saya coba liat dulu rundown kamu hari itu. kalau memang memungkinkan, silahkan aja :) yang penting seneng!
stocksnap.io
#2 kak gimana caranya jadi orang yg bisa vocal mengungkapkan sesuatu di dalam hati, karena maklum anaknya lebih memilih diam daripada ngomong. Gini boleh ga sih pertanyaanya :)

hihihi, thank you for the question. setiap kali saya bingung mau ngomong atau diem aja terkait suatu hal, saya menantang diri saya begini : you have to choose, sampaikan sesuatu itu dengan baik, dengan yakin, dan dengan nyaman. di waktu yang tepat dan dengan cara yang benar. kalo memang kamu ngga' seyakin itu, silahkan diam dan lupakan. jangan memendam :)

#3 Investasi yang oke buat single kak?

bagi saya, orang kalo single dan mapan itu adalah orang yang penghasilannya bisa dibagi 3. 1/3 untuk SELURUH biaya hidup (termasuk cicilan dan tagihan tagihan). 1/3 untuk gaya hidup dan seneng seneng (jalan jalan, belanja, nonton bioskop, nongkrong di cafe, etc.) dan 1/3 untuk dana darurat + investment. what's kind of investment? kalo saya akan pilih Gold atau tanah :) tapi kalo saran saya coba Reksadana :)
stocksnap.io
#4 Aku pengen kuliah ke luar negeri tapi kadang suka gak percaya diri kak. Apalagi mau apply beasiswa s2. Like... i know i can if i try again and again. Tapi aku takut kalo one day ada pikiran untuk nyerah. Aku harus bilang apa ke diri sendiri setiap ragu dan gak pede dengan mimpiku ya? :’)

semua orang itu punya mimpi, dan setiap mimpi itu memiliki harga. menurut saya, sekolah di luar negeri itu adalah mimpi umum sebagian besar pelajar Indonesia. ngga' ada yang salah dengan itu. saya mau sedikit cerita.

akhir akhir ini, saya sering sekali kalo pengen sesuatu itu mikirnya bukan tentang how i get there, tapi lebih mikir setelahnya saya mencapai itu. misalnya kayak gini deh. saya pengen banget beli laptop high specs. tentu banyak jalan dong untuk saya bisa mendapatkan barang tersebut. bisa saya menabung, mengambil cicilan, atau beli ketika bonus kantor sudah turun. nah, saya akan mereview satu persatu dari pilihan yang ada. saya mulai dari kalo saya ambil cicilan. saya akan cepet dapet, uang saya ngga' begitu berkurang banyak tapi saya memakai dengan tagihan perbulannya. apakah saya deal dengan itu?

kemudian saya mulai mereview pilihan saya selanjutnya. membeli dengan tabungan. jelas uang saya langsung banyak habis. tapi langsung dapet saya dan ga ada beban. cuma ya uang saya habis banyak gitu aja.selanjutnya saya baru beli kalo bonus kantor sudah cair. satu satunya hal yang saya harus lakukan adalah berdamai dengan sabar. cuma satu, tapi ngga' gampang.

nah, begitu juga dengan mimpi sekolah ke luar negeri. let's change our views. bayangkan kalo kamu sudah menjadi mahasiswa S2 di kampus yang kamu mau dan di negara yang kamu tunggu. kira kira apa yang akan kamu alami disana? that's the way you live a dream. punya mimpi itu boleh, asalnya mimpi itu hidup.

#5 Mbak mau tanya... gimana  cara nemuin diri sendiri??? Dan nyari tau alasan dan tujuan Tuhan nyiptain kita di kehidupan ini?? Dari segi pandang kak Fatimah..

Tuhan itu sayang sama kita. we start from that one ya. setiap orang sama Tuhan sudah ditentukan dimana aja posisinya dan satu sama lain adalah sama pentingnya, hanya saja mungkin beda skala, beda bidang :)

#6 Pernah ada di posisi kamu beda banget sama orang lain ga?
Dalam arti pas di sekeliling punya pandangan mengenai sesuatu itu seragam tapi kamu punya pandangan yang beda sendiri, sehingga kepikiran " Apa aku yang salah? Walau hati kecil ngerasa itu bener.

Honey, believe me i'm feeling that for a whole my life. kebenaran itu selalu punya cara untuk menunjukan dirinya sendiri.

#7 Kak, gimana ya cara menyikapi rasa kecewa sama isi hati dan pikiran orang yang suka berubah-ubah? Tapi di sisi lain saya juga sadar, kadang masih suka buru-buru mengambil keputusan yang ujungnya mengecewakan banyak orang :(

jangan ambil keputusan saat kamu ngga' yakin. kecewa itu manusiawi, tapi ridhoi kalo memang itu takdir yang harus dijalani. nothing bad about that. 

#8 fokus ngejar lulus kuliah atau nunggu jodoh?

i believe that, hidup itu ada tangganya. karir, love life, education.. dan pendidikan itu selalu datang duluan. kemudian karir. kemudian love life. memang dalam beberapa kasus tidak begitu jalannya, cuma umumnya selalu berurutan : pendidikan, kemudian karir dan terakhir love life. 

#9 Bagaimana caranya memaafkan dan mengikhlaskan, Kak?

dengan menghargai diri sendiri. we deserve to be better dengan dicabutkan hal hal yang tadinya menyesakkan.

#10 kak gimana caranya menghilangkan pikiran dan perasaan takut menghadapi hari esok serta kekhawatiran berlebih tentang masa depan

masa depan itu bukan milik kita. buat apa kita memusingkan hal hal yang bukan milik kita? besok ya besok urusannya, Tuhan yang atur. itu udah jadi prinsip saya dari jaman ngga' tau kapan :))) saya ini orangnya gampang sekali cemas, kalo saya terus mengkhawatirkan banyak hal bisa mati muda dong :))) nikmati hari ini, ridhoi apapun yang terjadi :)




terima kasih sudah membaca, sampai ketemu di postingan selanjutnya ya!


XOXO,


Fatimah Fauzan

No comments:

Post a Comment