Saturday, October 26, 2019

Surabaya ; Pasar Bunga Kayoon !.

source : http://www.sigambar.com/
salah satu tempat di Surabaya yang suka saya datengin adalah pasar bunga kayoon. pasar bunga ini terletak di kiri jalan Kayoon, kalo masuk dari arah jalan pemuda. kenapa saya suka kesini?. simple, saya ini suka sama bunga. BUNGA HIDUP. bukan bunga plastik.

kenapa?. ya.. gimana gimana ciptaan Allah itu lebih baik kan :D #gagalfokus

saya suka bunga hidup karena menurut saya bunga hidup itu punya esensi keindahannya sendiri. bau segar waktu jalan jalan dipasar ini cukup bisa merefresh pikiran saya setelah sebelumnya sudah diporak porandakan oleh hitungan Baja dan Pondasi.

saya selalu suka sama harum segar dari bunga bunga ini, dan lebih refresh lagi kalo habis beli bunga biasanya saya solat di masjid pasar bunga ini, karena letaknya yang pas dipinggir sungai dan didominasi dengan kaca dan pintu dan jendela yang dibuka lebar lebar ini memberikan hawa sejuk yang bener bener alami. 

sejuk alami di Surabaya itu adalah hal langka. ngga' usah saya ceritain lah gimana panasnya Surabaya. 

masjid ini ngga' terlalu besar, tapi dipake jum'atan tiap jum'at. fakta itu diamini dengan adanya jadwal khatib yang ditulis di papan tulis yang digantung di dinding. seluruh lantai dari masjid ini ditutup dengan karpet tebal yang bikin kita betah berlama lama ibadah disana. 

kamar mandi dari masjid ini bener bener bersih dan sepertinya rutin dibersihkan. intinya, masjid yang saya lupa namanya ini bener bener Cool.

bunga yang di jual di pasar bunga kayoon ini macem macem. mulai dari mawar, anturium, lily sampai tulip. dan itu juga lokal dan import. untuk mawar merah, putih, pink dan peach itu selalu ada dipasar ini kapanpun kita kesana soalnya itu adalah mawar lokal. tetapi kalo kalo mawar kuning, biru, orange dan hitam itu udah jelas import. untuk mawar biru, ada 2 : mawar biru asli (import) dan mawar putih yang disemprot biru pake semprotan bunga. 

harganya juga beda beda. kalo kita beli di depan (pas dikiri jalan kayoon) untuk bunga mawar merah 1 tangkainya IDR 3k, kalo dirangkai jadinya per-tangkainya IDR 5k. kalo itu kalo belinya masuk pasar, 1 tangkainya IDR 1,5k untuk mawar merah, pink dan peach. kalo mawar putih IDR 2k, kalo belinya masuk pasar.

kalo mawar biru semprotannya riffat itu 1 tangkainya dirangkai kaya foto di atas itu IDR 45k. kalo mawar import 1 tangkainya IDR 100k, tapi kalo 10 tangkai jadi IDR 350k. mending beli 10 kan?. 

kalo beli bunga import di pasar kayoon ini harus pesen dulu, bisa sehari sebelumnya sampai 2 minggu sebelumnya. kalo mawar biru kalo ngga' salah 1-3 hari gitu pesennya. kalo bunga tulip 1 minggu sebelumnya pesennya,

saya lupa bunga import apa aja yang musiman apa aja yang always stay. mawar hitam 1 tangkainya IDR 250k dan kalo kita beli 10 tangkai ya ngga' ada diskonnya, tetep aja jadinya IDR 2.500k. tetep juga harus pesen dulu. please deh bro mawar item gitu lo. 

bunga import yang sering di jual di pasar bunga kayoon selain bunga mawar yang warnanya aneh aneh dan gedenya bikin kagum itu ada juga bunga Casablanca. 1 tangkainya Casablanca ini IDR 50k kalo ngga' salah. satu tangkai ini lucu, ada yang isinya 3, 2 bunga 1 kuncup, 3 bunga 1 kuncup atau 1 tangkai 4 bunga. pokoknya kata mbak mbaknya yang jualan kalo beli Casablanca ini sistemnya Rejeki - Rejeki-an kamu dapet yang isi berapa. 

 kalo beli bouquet, itu ya harganya beda beda. tergantung isinya berapa, tergantung bunganya apa aja. import apa enggak. salah satu rangkaian bunga mawar merah yang saya tau dipasar ini (yang kalo beli tinggal dibawa) itu ada yang IDR 25k ada yang IDR 50k. kalo bunga import dijadiin bouquet itu rata rata perbijinya jadinya IDR 25k - IDR 75k. lagi lagi tergantung bunganya. 

yang bikin saya exiting itu waktu saya tanya bunga plastik di belakang mbak-nya itu jenis bunga apa. trus kata mbaknya itu bunga tulip. dan kalo saya mau saya bisa pesen bunga tulip soalnya supply nya available tiap bulan !. aaaaaakkk entar waktu september mungkin saya pesen !. hehe hadiah untuk diri sendiri sih. 

kalo mau bunga tulip, kata mbaknya pesennya itu harus 1 minggu sebelumnya. warna dari bunga tulip itu ada macem macem, kalo ngga' salah Pink, ungu, kuning sama orange. 1 tangkainya IDR 50k, tapi kalo pesen harus minimal 10, jadi IDR 500k. ya ngga' papa lah kalo cuma sekali setahun kan?. :)


mawar merah itu memang murah. IDR 1,5k pertangkainya. tapi saya kalo mawar merah sukanya yang baru dianter hari itu, agak kuncup tapi nggak kuncup kuncup banget, warnanya agak gelap tapi nggak gelap gelap banget, tangkainya kokoh dan agak gendutan. akhirnya?. ya tetep aja setiap ke sana harus muter muter nyarinya hehe :D

jadi, berminat untuk ke pasar bunga kayoon?. :)





Surabaya, 13 April 2014



Fatimah Fauzan



NB : 
  • pasar bunga kayoon buka setiap hari, pagi sampai sore


19 comments:

  1. Hah bunga tulip? Ibu saya pingin banget itu lihat bunga tulip. Cepet layu nggak ya klo cuma dimasukin ke vas di Indonesia?

    ReplyDelete
  2. coba ditanyakan aja ya sama penjualnya hehe :)

    ReplyDelete
  3. Itu yang difotonya bunga mawar yg seribuan?

    ReplyDelete
  4. di sebalah mana yg jualan bunga mawar kayak yg di gambar ?

    ReplyDelete
  5. penjual mawar yang kaya di gambar disetiap toko jual kok.. cuma kalo di pinggir jalan emang lebih mahal dari yg di dalem pasar :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Rusma Akhsan, mau nanya ya, kalau mawar biru apa sesuai yang di gambar itu? soalnya pernah lihat mawar biru yang disemprot ternyata biru nya biru muda (biru langit) bukan biru tua seperti di gambar

    ReplyDelete
  7. selamat sore mas stanley, mohon maaf saya baru lihat comment dari mas stanley. jadi gini.. mawar biru itu ada 2 : yang asli (memang warnanya biru) dan mawar putih yang disemprot dengan semprotan khusus bunga mawar dengan warna biru. nah, untuk warna birunya itu memang ada 2 : warna biru muda (biru langit) dan biru tua (seperti di foto saya) jadi untuk warna biru yang mana, itu kita sendiri yang minta :) kira kira begitu mas :)

    ReplyDelete
  8. Itu mawar hitamnya ngga ada yg lebih murah lagi ya?
    Atau mungkin ada yg hitamnya disemprot pake pewarna khusus?

    ReplyDelete
  9. ada. mawar biru pun ada yang mawar putih yang di semprotan pake pewarna khusus mawar

    ReplyDelete
  10. Ada no hp nya gk ya untuk pasar kayon ini?? Soalnya saya mau beli mawar merahnya dan Sekalian mau tanya2... makasih..

    ReplyDelete
  11. Ada no hp nya gk ya untuk pasar kayon ini?? Soalnya saya mau beli mawar merahnya dan Sekalian mau tanya2... makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya ngga' ada kalo nomor hp penjual mawarnya :)) kesana cuma main main aja hehe

      Delete
  12. Mbak saya mau nanyak kalo masuk pasar yang sebelah mana ya?? Cz saya gtw sblah mana.. tau.a yg pinggir" jalan tuh saja..

    ReplyDelete
  13. Umm.. Mau nanya
    Kalo beli bouquet mawar berapa an yaa..???

    ReplyDelete
  14. Kalau untuk bucket. Termurah, berapa ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...